Daun Surawung, Lalapan Sunda Yang Berkhasiat

daun surawung lalapan berkhasiat picture

Daun Surawung, Lalapan Sunda Yang Berkhasiat - Daun surawung (kemangi) merupakan salah satu daun yang sering dijadikan lalapan ataupun menjadi salah satu bumbu masakan, terutama sering kita jumpai di menu-menu masakan khas sunda. Daun surawung memiliki nama latin O. basilicum var. anisatum Benth, yaitu merupakan hibrida antar spesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum.

Surawung merupakan tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang banyak dan tumbuhan ini tingginya mencapai 100 cm. Tumbuhan ini banyak tersebar di Asia dan Amerika, di Pulau Jawa sendiri surawung ditanam di kebun-kebun ataupun bisa tumbuh bersama tanaman liar lainnya. Surawung atau kemangi belum diketahui asal muasalnya, namun tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl.

Menurut Jhon Henry M. dalam bukunya berjudul "A Dictonary of Practical Material Medical" mengatakan bahwa khasiat daun kemangi/surawung atau sari daun kemangi yaitu dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Daun surawung juga mampu mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, radang lambung, keluhan flu, cacingan, sembelit, maag, badan lesu, perut kembung, mengatasi kejang dan juga bisa sebagai obat nyamuk.

Dibawah ini ada beberapa khasiat lainya dari daun surawung yakni:

  1. Berkhasiat Menghilangkan Bau Mulut dan Bau badan
    Adapun caranya cukup mengkonsumsinya setiap hari secara rutin, jika Anda kurang menyukai rasanya Anda bisa membuat air perasan daun surawung yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas lalu minum secara rutin tiap hari.

  2. Berkhasiat Meringankan Rasa Sakit dan Membuat Tubuh Lebih Segar
    Caranya yaitu daun surawung disuling karena daun tersebut memiliki kandungan minyak atsiri golongan tinggi, oleskan minyak tersebut ketubuh maka tubuh kita akan terasa lebih segar dan meringankan rasa sakit. Namun, minyak tersebut tidak diperbolehkan untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

  3. Berkhasiat Untuk Yang Mengalami Keluhan Ejakulasi
    Didalam daun surawung memiliki kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

Semoga Bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daun Surawung, Lalapan Sunda Yang Berkhasiat