Gaya Hidup Sehat Memicu Gigi yang Sehat

Gaya Hidup Sehat Memicu Gigi yang Sehat - Setiap orang pasti mempunyai permasalahan pada giginya. Baik masalah gigi berlubang, gigi sensitif, ataupun plak pada gigi. Ada hubungan sangat erat antara gaya hidup dan kesehatan gigi, apabila seseorang menerapkan gaya hidup sehat pasti beliau senantiasa memelihara kesehatan giginya.

kesehatan gigi picture

Pola makan yang sehat juga sangat berperan penting dalam kesehatan gigi, misalnya jika kita mengalami masalah gigi berlubang cobalah menjaga pola makan, seperti menghindari makanan yang mengandung sukrosa. Sukrosa biasanya terdapat pada makanan yang manis dan camilan seperti snack.

Selain menjaga pola makan, kita juga diharapkan untuk disiplin sikat gigi, ya minimal 2 kali sehari sesudah sarapan dan sebelum tidur. Selain itu perhatikan juga sikat gigi Anda, pilihlah sikat gigi yang lembut dan rapat, juga memiliki tutup pada kepala sikat gigi.

#Tips Menjaga dan Merawat Gigi

  • Pilihlah sikat gigi yang lembut dan rapat, dan memiliki tutup diatasnya. Dan gantilah sikat gigi minimal 3 bulan sekali.

  • Rajin-rajinlah menyikat gigi, minimal 2 kali sehari pada saat sesudah sarapan dan sebelum tidur.

  • Mengatur pola makan sehar, seperti membatasi makanan manis atau makanan yang mengandung sukrosa.

  • Periksalah gigi Anda ke dokter secara rutin, minimal 6 bulan sekali.

  • Konsumsilah makanan yang mengandung kalsium, seperti susu. Susu merupakan minuman yang dapat menghambat gigi berlubang karena kaya akan kalsium, fosfat, kasein, dan protein baik lainnya.

  • Keju juga merupakan makanan yang baik bagi kesehatan gigi, karena keju memiliki kandungan kalsium yang baik dan terbukti dapat memperkuat gigi sama seperti susu.

  • Jenis berry-berry'an seperti cranberry dan blueberry merupakan buah yang memiliki sumber flavonoid yang merupakan efek anti bakteri yang dapat menghambat gigi berlubang.

  • Apel juga salah satu buah yang menyehatkan gigi, apel merupakan sumber senyawa polifenol yang dapat mengurangi berkembangnya gigi berlubang.

  • Rajin-rajinlah membersihkan sikat gigi ketika hendak dipakai, karena bagaimana pun sikat gigi merupakan magnet bagi bakteri-bakteri.

  • Untuk penyimpanan sikat gigi sendiri harus jauh dari toilet

Semoga bermanfaat, dan selalu menjaga kesehatan dengan gaya hidup yang baik.

Baca juga Khasiat Buah Delima Untuk Menurunkan Berat Badan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gaya Hidup Sehat Memicu Gigi yang Sehat