Jangan Anggap Remeh Keputihan, Kenali Ciri-ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Sejak Dini


Jangan Anggap Remeh Keputihan, Kenali Ciri-ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Sejak Dini - Keputihan sebenarnya sebuah kondisi yang sangat alami pada sistem reprodusksi wanita. Dimana leher rahim dan kelenjar pada miss v membersihkan diri dengan mengeluarkan sel-sel mati serta bakteri. Semua wanita akan mengalami keputihan tersebut, termasuk wanita hamil dan menyusui.

mengenal ciri-ciri keputihan normal dan tidak normal picture

Keputihan biasanya tergantung pada siklus mentruasi seseorang, jadi jumlah, warna, dan kekentalan cairan keputihan sangat dipengaruhi siklus menstruasi tersebut. Cairan keputihan yang normal umumnya berwarna bening dan juga tidak berbau.

Cairan keputihan yang normal akan membersihkan sel-sel mati dan juga zat asing yang masuk kedalam leher rahim. Kondisi seperti ini miss v memiliki pH dengan kondisi asam untuk mencegah infeksi yang muncul.

Keputihan terbagi menjadi dua jenis, diantaranya:

1. Keputihan Fisiologis

Keputihan fisiologis merupakan keputihan normal yang sering terjadi pada masa subur wanita yakni pada saat sesudah dan sebelum menstruasi. Cairan yang dihasilkan keputihan ini tergantung dari siklus menstuasinya dan keputihan ini sangat aman untuk wanita hamil.

2. Keputihan Patologis

Keputihan patologis merupakan keputihan tidak normal dan termasuk keputihan yang disebabkan oleh penyakit. Keputihan jenis ini sangat berbahaya dan sangat menggangu kesehatan sistem reproduksi wanita. Keputihan tidak normal akan menyebabkan resiko bayi lahir prematur karena adanya infeksi bakteri dan virus pada bayi.

Ciri-ciri Keputihan Normal (Fisiologis)

Dibawah ini ada beberapa ciri-ciri keputihan normal yang harus Anda tahu, diantaranya:

  • Cairan yang dihasilkan keputihan ini memiliki warna putih bening.
  • Cairan keputihan ini sangat mudah sekali hilang jika dibersihkan dengan air.
  • Pada cairan keputihan terdapat gumpalan berwarna putih dan terdapat serabut sangat tipis hampir tidak terlihat.
  • Jika menempel pada pakaian cairan keputihan akan meninggalkan noda berwarna kuning.

Ada beberapa penyebab keputihan normal, diantaranya:

1. Siklus Menstruasi, setiap bulannya seorang wanita akan mengalami perubahan siklus menstruasi. Biasanya keputihan muncul ketika mendekati siklus menstruasi tersebut, sehingga bagian panggul tidak nyaman. Dan keputihan akan muncul kembali setelah masa siklus menstruasi selesai.

2. Stress, kondisi psikologis seperti stress akan mempengaruhi kondisi bagian dalam miss v. Namun, jika tingkat stress tinggi bisa menyebabkan perubahan hormon reproduksi sehingga memicu keputihan.

3. Kehamilan, seorang wanita hamil akan mengalami perubahan hormon, dimana sering terjadi keputihan. Keputihan ini akan terlihat seperti mentruasi dimana berwarna tidak jelas putih, kemerahan dan kecoklatan. Dan biasanya sebagai pertanda kehamilan.

Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal (Patologis)

Ada beberapa ciri keputihan tidak normal, diantaranya:

  • Seorang yang merasakan keputihan ini merasa tidak nyaman dan panggul terasa nyeri yang sangat.
  • Keputihan disertai rasa gatal dan ruam sehingga sangat mudah terinfeksi.
  • Cairan keputihan banyak dan terdapat gumpalan putih yang keras.
  • Jika saat buang air kecil terasa sakit, panas, dan juga nyeri.
  • Warna cairan keputihan biasanya berwarna kuning, cokelat, dan hijau. Disertai bau yang menyengat.

Adapun penyebabnya, yakni:

1. Infeksi jamur, Biasanya jenis jamur yang menyebabkan keputihan ini yakni jamur monilia atau candidas. Jamur ini menyebabkan cairan keputihan memiliki bau tidak sedap dan menimbulkan gatal.

2. Bakteri vaginosis, bakteri ini terdapat pada rongga miss v dan cairan keputihannya bisa menjadi hal yang sangat serius.

3. Infeksi farasit, biasanya terjadi setelah hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi parasi tersebut.

4. Infeksi gonore, seseorang yang telah terinfeksi gonore akan mengalami keputihan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

5. Infeksi virus, ada beberapa penyakit kelamin yang diakibatkan virus seperti HIV/Aids, herpes, kanker mulut rahim (kanker serviks) dan lain-lain. Biasanya penyakit kelamin ini menyebabkan keputihan sangat banyak dan berkepanjangan.
Baca Juga: Khasiat Buah Manjakani Untuk Atasi Keputihan Membandel
Artikel terkait yakni ciri keputihan masa subur, ciri ciri keputihan yang berbahaya, ciri ciri keputihan normal, photo keputihan yang berbahaya, ciri keputihan menjelang haid, pengobatan keputihan, jenis keputihan dan gambarnya, makanan penyebab keputihan, cara mengatasi keputihan gatal, keputihan berwarna putih susu, obat tradisional keputihan, keputihan pada wanita hamil, jenis keputihan, gejala keputihan, keputihan normal, dan makanan penyebab keputihan pada wanita.

Semoga bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Anggap Remeh Keputihan, Kenali Ciri-ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Sejak Dini