10 Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan

10 manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan picture

10 Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan - Banyak sekali manfaat biji bunga matahari (Helianthus annuus L.) terutama bagi kesehatan tubuh kita. Umumnya di Indonesia biji bunga matahari sering dijadikan snack atau makanan ringan yang disebut kuwaci biji bunga matahari, biji bunga matahari mempunyai nilai kecukupan gizi yang baik. Biji bunga matahari memiliki senyawa minyak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan lemak yang terdapat pada biji bunga matahari sangatlah baik untuk kesehatan, karena memiliki kandungan lemak yang baik yaitu lemak tak jenuh. Didalam biji bunga matahari terdapat juga lemak monosaturated yang sangat baik menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Biji bunga matahari juga memiliki beberapa kandungan, seperti:

  • Vitamin E, biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yaitu antioksidan. Vitamin E juga dapat melawan radikal bebas serta menyimpan sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak, mencegah penyakit jantung, mencegah mereka dari oksidasi kolesterol. Hal ini membuat kondisi jantung sehat dan menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.
  • Magnesium, membantu mencegah asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit kepala migrain.
  • Selenium, selenium merupakan mineral, yang sangat membantu untuk perbaikan DNA, mengurangi perkembangan sel kanker dan membantu mencegah penyakit jantung.
  • Kandungan lainnya seperti tembaga, fosfor, vitamin B 3 (Niasin),vitamin B5 (Pantothenic) dan Vitamin B 1 (Thiamin), folat dan Mangan.

Dibawah ini ada beberapa manfaat biji bunga matahari, seperti:

  1. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

    Vitamin E yang terkandung didalam biji bunga matahari berperan aktif dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Sebagai antioksidan vitamin E mencegah oksidasi kolesterol oleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol), hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pada arteri, penyakit jantung dan stroke.

  2. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Membantu Pertumbuhan

    Menurut beberapa penelitian, bahwa kecukupan gizi yang terkandung dalam biji bunga matahari sangatlah baik bagi pertumbuhan. Karena didalam biji bunga matahari terkandung protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sekitar 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 21 gram protein (37% asupan protein harian yang direkomendasikan).

  3. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Mengurangi Resiko Diabetes

    Asam klorogenat yang terkandung dalam biji bunga matahari mampu mengurangi kadar gula darah dengan cara membatasi pemecahan glikogen di dalam organ hati.

  4. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Melindungi Syaraf

    Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin B1, yang fungsinya memperkuat lapisan myelin syaraf yang berfungsi menlindungi syaraf.

  5. Manfaat Biji Bunga Matahari sebagai Sumber Antioksidan

    Vitamin E yang terkandung dalam biji bunga matahari berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel dan mutasi sel.

  6. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Mengurangi Resiko Kanker

    Mineral selenium yang terdapat pada biji bunga matahari mampu mencegah kerusakan sel dan mampu memperbaiki DNA sel. Selenium juga dapat mengurangi resiko kanker kolon, kanker kandung kemih dan kanker prostat.

  7. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Kulit

    Kandungan vitamin E dalam bunga biji matahari diketahui dapat mencegah kerusakan sel kulit karena sinar ultraviolet. Sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehhatan kulit anda.

  8. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Otak

    Biji bunga matahari memiliki kandungan folat yang sangat baik, folat merupakan nutrisi baik bagi otak, sehingga menjaga kesehatan otak dan membantu fungsi otak.

  9. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Tulang

    Kandungan mineral magnesium dan fosfor yang sangat baik untuk membangun tulang yang kuat dan sehat, sehingga biji bunga matahari sangat baik di konsumsi

  10. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Rambut

    Dari 100 gram biji bunga matahari mengandung 5,25 mg zat besi (63% kebutuhan harian) dan 5 mg seng (45% kebutuhan harian). Ini sangat penting untuk menjaga kesuburan rambut.

Salam Sehat....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan