Limpahan Khasiat Rumput Fatimah (Labisa Pumila)

limpahan khasiat rumput fatimah picture

Limpahan Khasiat Rumput Fatimah (Labisa Pumila) - Khasiat rumput fatimah sangat tidak diragukan lagi, terutama bagi kaum hawa karena untuk memudahkan persalinan. Rumput fatimah berasal dari dataran Arab, masyarakat disana menyebutnya Kaf Mariyam yang berarti telapak tangan Mariyam. Bagian dari rumput fatimah yang paling berguna adalah akarnya. Cara penggunaannya, akar yang telah di bersihkan, direbus, dan air rebusannya langsung di minum.

Menurut hasil penelitian bahwa tanaman rumput fatimah mengandung senyawa fitokimia yang menimbulkan kontraksi pada bagian rahim saat dikonsumsi. Zat yang terkandung di dalam tanaman rumput fatimah yaitu suatu zat sejenis oksitoksin dapat digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim sehingga dipercaya ampuh melancarkan persalinan. Zat sejenis ini sama seperti obat yang diberikan untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi.

Khasiat rumput fatimah selain untuk melancarkan persalinan, seperti:

  • Melancarkan proses menstruasi wanita
  • Meningkatkan jumlah hormon estrogen
  • Membuat tubuh jadi lebih langsing
  • Mengobati diare
  • Mencegah perkembangan sel kanker
  • Menguatkan tulang dan menunda proses penuaan.

Selain Khasiat Rumput Fatimah Beragam, Apakah Ada Efek Sampingnya?


Khasiat rumput fatimah sangatlah beragam, selain berkhasiat tanaman tersebut memiliki efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Menurut beberapa Dokter kandungan bahwa rumput fatimah mengandung senyawa fitokimia yang bisa merangsang kontraksi, ini bisa mengakibatkan kontraksi yang berlebihan pada rahim dan berdampak menipisnya rahim. Maka dari itu, mereka melarang keras wanita mengkonsumsi rumput fatimah. Cara mengkonsumsi rumput fatimah selama ini cukup dengan direbus, dan air rebusannya kemudian diminum. Mungkin hal ini akan berbahaya bagi keselamatan wanita. Maka dari itu, walaupun khasiat rumput fatimah banyak diakui orang-orang, Anda harus tetap percayakan kesehatan Anda dan bayi Anda pada dokter. Dan jangan berani mengkonsumsi obat herbal tanpa di konsultasikan kepada dokter kandungan anda.
Menurut dokter RSCM dan Brawijaya Women and Children Hospital menjelaskan, bahwa kandungan zat oksitosin dalam rumput fatimah belum diketahui dengan pasti berapa kandungan zat tersebut, dan selain itu berapa banyak si ibu hamil mengonsumsinya. Sebab jika zat tersebut dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya yaitu rahim menjadi robek.

Rumput fatimah atau akar rumput fatimah dapat anda jumpai di toko-toko herbal ataupun toko-toko jamu tradisional. Maka dari itu tidak susah anda mencarinya ke timur tengah atu ke dataran arab, karena tanaman herbal tersebut sudah beredar di pasaran Indonesia.

Salam sehat....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Limpahan Khasiat Rumput Fatimah (Labisa Pumila)