Manfaat Konsumsi Teh Hitam Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Teh Hitam Bagi Kesehatan - Minuman teh banyak sekali manfaatnya, entah itu teh hijau, teh putih ataupun teh oolong. Minuman teh bukan hanya sekedar minuman disaat waktu santai ataupun minuman suguhan untuk para tamu, banyak sekali manfaat dari minuman teh ini. Teh hitam merupakan salah satu teh yang sangat dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Konsumsi Teh Hitam Bagi Kesehatan Picture

Teh hitam terbuat dari daun tanaman Camellia Sinesis yang diproses, difermentasi dan kemudian dikeringkan dan dihancurkan. Kandungan kafein pada teh hitam sangat tinggi dan memiliki rasa pait. Kafein sekitar 40 miligram /cangkir, teh hitam sangat tidak baik bagi orang yang sensitif terhadap kafein.

Menurut penelitian lebih dari 3.400 orang dewasa di Arab Saudi yang suka minum teh, menemukan bahwa jika seseorang mengkonsumsi teh hitam lebih dari 6 cangkir akan menurunkan penyakit jantung koroner. Anti oksidan yang terdapat pada teh hitam membantu pencegahan penyakit jantung.

Apa Saja Manfaat Teh Hitam?

Selain mencegah penyakit jantung teh hitam juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dibawah ini ada beberapa manfaat teh hitam bagi kesehatan tubuh. Diantaranya:
  • Melindungi Risiko Diabetes Tipe 2
    Minuman teh hitam dapat melindungi dari risiko diabetes tipe 2, ada beberapa penelitian dimana negara yang meminum teh paling hitam memiliki tingkat diabetes paling rendah. Negara-negara yang dimaksud yaitu, Korea Selatan, Brazil dan Cina.

  • Menjaga Kesehatan Mulut
    Dengan memiliki kandungan polifenol dapat meningkatkan kesehatan mulun seperti menghancurkan bakteri jahat dalam mulut.

  • Melindungi dari Radikal Bebas dan Meningkatkan Imun
    Zat antioksidan memiliki peranan penting bagi kesehatan, yaitu untuk melindungi dari radikal bebas. Polifenol yang terkandung didalam teh hitam juga dapat mencegah kerusakan DNA. Dengan memiliki kandungan Alkylamines yaitu antigen yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan juga kandungan tanin mencegah datang penyakit.

  • Melancarkan Pencernaan
    Teh hitam mempunyai efek restoratif pada pencernaan, efek ini yaitu melancarkan pencernaan sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

  • Penguat Tulang dan Gigi
    Dengan memiliki kandungan fitikimia, teh hitam juga mampu menguatkan tulang dan gigi dan mengurangi risiko penyakit arthritis.

Artikel Terkait:

  • manfaat teh basi untuk kesehatan
  • manfaat teh oolong untuk kesehatan
  • manfaat minum teh putih
  • efek negatif teh hitam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Konsumsi Teh Hitam Bagi Kesehatan