Mengenal Penyakit Lyme dan Penyebabnya

Mengenal Penyakit Lyme dan Penyebabnya - Penyakit Lyme atau Lyme Disease merupakan penyakit yang disebarkan oleh kutu jenis lxodes. Infeksi penyakit Lyme pertama kali terjadi pada tahun 1975 di Lyme, Connecticut dan infeksi kutu ini sering kali terjadi di Amerika Serikat dengan bakteri yang menginfeksi Borrelia burgdorferi. Selain Amerika Serikat, di Eropa juga sering kali terjadi kasus infeksi kutu ini.

penyakit lyme picture

Kutu jenis lxodes yaitu salah satunya kutu rusa, namun kebanyakan yang meninfeksi kutu rusa yang masih kecil atau nimfa. Orang yang digigit oleh kutu rusa tidak akan mengalami nyeri, namun kulit akan kelihatan merah karena bekas gigitan. Ini merupakan tahap awal infeksi, dan tahap berikutnya akan berdampak pada kulit, syaraf, dan juga jantung.

Penyakit Lyme tidak menular namun jika seorang ibu hamil yang terinfeksi penyakit ini maka penyakit ini akan ditularkan kepada bayi dalam kandungannya. Penderita Lyme sebenarnya dapat disembuhkan dengan menggunakan antibiotik ketika tahap awal penginfeksian.

Gejala utama dari penyakit ini yaitu redang sendi dan pada setiap tahapannya gejala utama penyakit ini akan berbeda-beda. Seperti 1 minggu penginfeksian penderita mengalami gejala sakit kepala, nyeri otot, dan sendi. Jika penderita tidak mendapat penanganan di fase pertama, maka akan kulit, syaraf hingga jantung akan terinfeksi pada fase kedua dan harus segera diberikan penanganan khusus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Penyakit Lyme dan Penyebabnya