7 Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh - Minyak bunga matahari merupakan hasil dari biji bunga matahari, dan memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin A, vitamin E dan lemak baik (Omega-6) pada minyak bunga matahari sangat baik untuk tubuh. Serta kandungan Beta-karotennya sangat baik sebagai anti penuaan pada kulit.

Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh picture

Setiap minyak bunga matahari memiliki kandungan lemak jenuh, lemak tak jenuh dan trans yang memiliki tingkat yang berbeda-beda. Minyak bunga matahari linoleat merupakan jenis dari minyak bunga matahari yang memiliki kandungan tinggi asam lemak omega-6.

Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-6 tapi tidak diimbangi dengan asam lemak omega-3, maka akan meningkatkan peradangan pada tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi lemak baik tersebut harus seimbang. Minyak bunga matahari bisa Anda dapatkan dalam bentuk suplemen.

Nah, ada beberapa manfaat minyak bunga matahari diantaranya:

1. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Pencegahan Kanker

Minyak bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang baik sebagai antioksidan mengatasi radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit kanker, dimana akan menyebabkan sel-sel normal berubah menjadi sel-sel kanker. Minyak bunga matahari telah menjadi pengobatan khusus kanker usus besar, namun beberapa jenis kanker lain juga bisa dicegah dengan memanfaatkan kandungan vitamin E'nya.

2. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Program Diet

Dalam melakukan program diet tubuh sangat membutuhkan lemak baik dari 11 sampai 14 gram omega-6 per harinya. Dalam 1 sendok makan minyak bunga matahari memiliki kandungan 8,9 gram asam linoleat atau omega- 6.

3. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin E dan rendah lemak jenuh pada minyak bunga matahari sangat baik mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lainnya seperti fitokimia seperti kolin dan asam fenolik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Nah, Anda bisa mengkonsumsi minyak bunga matahari agar jantung tetap sehat.

4. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Menurunkan Kolestrol

Sumber lemak baik seperti omega-3 dan 6 pada minyak bunga matahari sangat baik mencegah penyakit jantung dan menrunkan kolestrol. Agar kolestrol turun, pastikan mendapatkan asupan lemak baik dari minyak bunga matahari. Selain minyak bunga matahari ada beberapa makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan salmon, tuna, minyak jagung, dan kacang almond.

5. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Mencegah Infeksi

Jika Anda mempunyai bayi, minyak bunga matahari ini bisa mencegah infeksi pada bayi. Biasanya, minyak bunga matahari dimanfaatkan untuk bayi yang lahir premature agar tidak terkena infeksi karena sistem imunnya masih lemah. Sebelum menggunakan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

6. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Kulit

Seringkali produk kecantikan menggunakan minyak bunga matahari. Hal ini karena kandungan tinggi vitamin E sangat diperlukan untuk kesehatan kulit serta mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

7. Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Atasi Jerawat

Jerawat disebabkan adanya minyak berlebih pada kulit wajah dan juga adanya bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial pada minyak bunga matahari akan mencegah kulit wajah berjerawat.

Semoga bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Manfaat Minyak Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh